• LMS (Learning Management System) Universitas Muhammadiyah Kotabumi atau UMKO adalah sistem yang disediakan untuk memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran berbasis digital antara dosen dan mahasiswa. Kategori konten pembelajaran pada LMS UMKO disusun berdasarkan distribusi fakultas dan program studi. Judul konten pembelajaran disusun berdasarkan nama mata kuliah, tahun akademik, dan nama dosen pengampu. Distribusi kursus disesuaikan secara fleksibel, mulai dari berdasarkan pertemuan maupun topik pembelajaran.


Site announcements

Belum ada topik diskusi pada forum ini


Kursus yang tersedia

Gambar kursus HUKUM KEUANGAN NEGARA - SALIS M ABDUH
Lain-Lain

Kursus Hukum Keuangan Negara membahas prinsip-prinsip dan peraturan yang mengatur pengelolaan keuangan publik dalam konteks negara. Peserta akan mempelajari aspek-aspek seperti anggaran negara, perpajakan, pengeluaran publik, dan akuntabilitas keuangan negara. Fokus pada hukum yang mengatur perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan keuangan negara untuk memastikan transparansi dan efisiensi. Ideal bagi profesional hukum, pejabat pemerintah, dan akademisi yang ingin memahami dasar-dasar hukum yang mempengaruhi keuangan negara dan kebijakan publik.

Gambar kursus PERENCANAAN BISNIS - Sri Puji Lestari
Lain-Lain

Kursus Perencanaan Bisnis ini memberikan keterampilan untuk merancang dan mengimplementasikan rencana bisnis yang efektif. Peserta akan mempelajari cara melakukan analisis pasar, mengidentifikasi peluang dan tantangan, serta menyusun strategi dan proyeksi keuangan. Fokus pada penyusunan rencana bisnis yang komprehensif, termasuk pengembangan model bisnis, pemasaran, dan pengelolaan operasional. Ideal bagi pengusaha, calon pemilik usaha, dan profesional yang ingin mengembangkan dan menjalankan bisnis dengan strategi yang terencana dan berkelanjutan.

Gambar kursus KOMUNIKASI INTERPERSONAL - SIGIT GUNANTO
Lain-Lain

Kursus Komunikasi Interpersonal membahas keterampilan dan teori yang terkait dengan interaksi langsung antara individu. Peserta akan mempelajari teknik komunikasi efektif, termasuk mendengarkan aktif, pemecahan konflik, serta keterampilan berbicara dan non-verbal. Kursus ini juga mencakup konsep-konsep seperti empati, persepsi, dan pengaruh budaya dalam komunikasi. Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik dalam berbagai situasi sosial dan profesional, serta memahami dinamika hubungan interpersonal. Tujuan kursus ini adalah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta, memfasilitasi interaksi yang lebih produktif dan harmonis, serta memperkuat hubungan personal dan profesional.

Gambar kursus vocabulary and pronunciation practice-elis susanti
Lain-Lain

Latihan kosakata dan pengucapan adalah aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan kata-kata serta cara pengucapan yang tepat dalam bahasa. Kosakata berfokus pada pengenalan dan penggunaan kata-kata baru dalam konteks yang sesuai, sementara pengucapan melibatkan latihan intonasi, tekanan, dan artikulasi untuk menghasilkan bunyi yang akurat. Keduanya penting untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, memastikan pesan disampaikan dengan jelas dan dipahami dengan baik.

Gambar kursus research methodology-sigit suharjono
Lain-Lain

Metodologi penelitian adalah pendekatan sistematis untuk merancang, mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dalam penelitian. Ini mencakup berbagai metode dan teknik, seperti survei, eksperimen, studi kasus, dan analisis data statistik, yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis. Metodologi penelitian memastikan validitas dan reliabilitas hasil, serta menyediakan kerangka kerja untuk menghasilkan temuan yang dapat dipertanggungjawabkan dan berkontribusi pada pengetahuan di bidang studi tertentu.

Gambar kursus aljabar-fhela vhantoria ningrum
Lain-Lain

Aljabar adalah cabang matematika yang mempelajari struktur, hubungan, dan operasi menggunakan simbol dan variabel. Ini mencakup manipulasi dan penyelesaian persamaan serta sistem persamaan, yang memungkinkan generalisasi konsep matematika dan pemecahan masalah yang lebih kompleks. Aljabar melibatkan konsep seperti polinomial, fungsi, dan matriks, serta berfungsi sebagai dasar untuk berbagai disiplin ilmu matematika dan aplikasinya dalam sains dan teknik.

Gambar kursus Pendidikan Agama Islam - Yulianti
Lain-Lain

Pendidikan Agama Islam adalah proses pembelajaran tentang ajaran, nilai, dan praktik Islam yang mencakup aspek teologis, etika, dan ritual. Ini meliputi studi al-Qur'an, hadis, fiqh, serta sejarah dan budaya Islam. Tujuannya adalah untuk membentuk karakter, meningkatkan pemahaman spiritual, dan mempraktikkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ini diterapkan di berbagai tingkat, dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, dengan fokus pada pembentukan akhlak dan keimanan yang kuat.

Gambar kursus Aljabar Grup - VENTY MEILASARI
Lain-Lain

Kursus Aljabar Grup membahas struktur matematis yang dikenal sebagai grup dalam teori aljabar. Fokus utamanya adalah pada definisi, sifat, dan aplikasi grup dalam berbagai konteks matematika. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar seperti operasi grup, subgrup, homomorfisme, dan teorema dasar aljabar grup. Kursus ini juga mencakup topik lanjutan seperti grup abelian, teori kelas, dan aplikasi grup dalam masalah teori bilangan dan geometri. Tujuan utama adalah membangun pemahaman yang kuat tentang bagaimana grup digunakan untuk memecahkan masalah dan mengembangkan teori matematika lebih lanjut.

Gambar kursus Metode dan media pembelajaran matematika-Aan sururi
Lain-Lain

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia, termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia. Dengan struktur tatabahasa yang sederhana dan penggunaan kata dasar yang sering dikombinasikan dengan prefiks atau sufiks, bahasa ini relatif mudah dipelajari. Terpengaruh oleh bahasa Belanda, Arab, Portugis, dan Inggris, Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pemersatu di negara yang memiliki beragam suku dan bahasa daerah. Penulisannya mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Gambar kursus Penulisan Artikel Ilmiah-Dewi Ratnaningsih
Lain-Lain

Artikel ilmiah adalah dokumen yang menyajikan hasil penelitian asli, biasanya dalam bentuk jurnal, yang mengikuti format standar: abstrak, pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi. Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan temuan secara jelas dan terperinci, memungkinkan komunitas ilmiah untuk menilai dan mereplikasi penelitian tersebut. Struktur dan bahasa yang digunakan bersifat formal dan teknis, memastikan kejelasan dan akurasi dalam penyampaian informasi ilmiah.

Gambar kursus pendidikan pancasilsa-eny munisah
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan Pancasila adalah proses pembelajaran yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia kepada siswa. Ini melibatkan pengajaran tentang lima sila Pancasila, penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pentingnya dalam membangun karakter dan identitas nasional. Pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk warga negara yang berintegritas, memiliki rasa kebangsaan, dan berkomitmen pada prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan sosial.

Gambar kursus Bahasa Indonesia-dewi ratnaningsih
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia, termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia. Dengan struktur tatabahasa yang sederhana dan penggunaan kata dasar yang sering dikombinasikan dengan prefiks atau sufiks, bahasa ini relatif mudah dipelajari. Terpengaruh oleh bahasa Belanda, Arab, Portugis, dan Inggris, Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pemersatu di negara yang memiliki beragam suku dan bahasa daerah. Penulisannya mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Gambar kursus Bahasa Indonesia - Dewi Ratnaningsih
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mata kuliah Bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar dalam berbagai konteks. Mahasiswa akan mempelajari kaidah fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, serta wacana, dan diajak menganalisis kesalahan berbahasa. Selain itu, mereka akan dilatih menyusun tulisan ilmiah yang logis dan efektif sesuai dengan kaidah kebahasaan formal. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang esensial dalam dunia akademik dan profesional.

Gambar kursus Analisis Kesalahan Berbahasa
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pemahaman mendalam mengenai kesalahan berbahasa dalam berbagai aspek linguistik. Sub-CPMK 1.1 membahas teori dan konsep dasar fonologi, termasuk fonem, alofon, kluster konsonan, dan vokal, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan fonologi seperti interferensi bahasa ibu. Sub-CPMK 1.2 berfokus pada identifikasi kesalahan pengucapan fonem dalam kata-kata bahasa Indonesia, termasuk kesalahan penghilangan dan penambahan fonem serta penggunaan kluster yang tidak tepat. Sub-CPMK 1.3 menekankan pada pemberian contoh nyata dari data empiris yang menunjukkan kesalahan fonologi serta perancangan strategi untuk memperbaikinya. Sub-CPMK 2.1 menguraikan konsep kesalahan morfologis dan faktor penyebabnya seperti bentuk asal, fonem, morfem, dan kata majemuk. Sub-CPMK 2.2 berfokus pada identifikasi kesalahan dalam penggunaan afiks, perubahan bentuk kata, dan kata majemuk. Sub-CPMK 2.3 mengajarkan klasifikasi kesalahan morfologi berdasar-kan jenis dan penyebabnya, serta menyajikan contoh nyata dari data empiris dan merangkum hasil identifikasi serta analisis kesalahan morfo-logi. Sub-CPMK 3.1 membahas identifikasi dan penelaahan jenis-jenis kesalahan sintaksis dalam kalimat bahasa Indonesia serta perbaikan struktur kalimat yang salah. Sub-CPMK 3.2 berfokus pada penguraian komponen-komponen kalimat yang mengandung kesalahan sintaksis dan penjelasan proses terjadinya kesalahan tersebut. Sub-CPMK 3.3 menekankan interpretasi penyebab kesalahan sintaksis dan perbaikan yang diperlukan. Sub-CPMK 4.1 mengidentifikasi kesalahan semantik dalam berbagai konteks komunikasi. Sub-CPMK 4.2 memberikan saran atau perbaikan untuk menghindari kesalahan karena pilihan kata yang tidak tepat. Sub-CPMK 5.1 berfokus pada identifikasi kesalahan berbahasa dalam wacana, terutama terkait dengan struktur dan syarat paragraf. Sub-CPMK 5.2 mengajarkan teknik koreksi untuk kesalahan dalam penggunaan bahasa dalam paragraf. Sub-CPMK 5.3 menekankan keterampilan menyeleksi, mengoreksi, dan memperjelas kesalahan karena pemilihan topik yang tidak tepat. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memperoleh keterampilan analitis yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan memperbaiki kesalahan berbahasa dalam bahasa Indonesia.
Gambar kursus Bahasa Indonesia 2023/1A
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dalam berbagai aspek kebahasaan, ilmu sastra, ilmu pendidikan, dan keterampilan berbahasa serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.  Selain itu, dalam sub-matakuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep dalam kebahasaan, seperti hakikat bahasa, sifat dan fungsi bahasa, sejarah bahasa Indonesia, dan pengelompokan kata baku sesuai perkembangan ejaan bahasa Indonesia. Mereka juga akan memahami jenis-jenis teks dan memproduksi teks berdasarkan penulisan yang benar. Selain itu, teknik menulis karya ilmiah dan manajemen referensi (daftar pustaka) juga akan diajarkan.

Gambar kursus Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Menganalisis kesalahan berbahasa bukanlah hal yang mudah. Perkembangan zaman yang begitu pesat, mau tidak mau, juga dapat memengaruhi bagaimana seseorang atau suatu komunitas berbahasa atau berkomunikasi. Mulai dari munculnya kosakata, istilah, juga kebiasaan-kebiasaan baru yang pada akhirnya menghasilkan aturan berbahasa baru.

Gambar kursus Keterampilan Menyimak 2022/I - Devi Ardiyanti
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Keterampilan Menyimak adalah kemampuan mendengarkan lambang–lambang lisan yang dilakukan dengan sengaja, penuh perhatian disertai pemahaman, apresiasi dan interpretasi untuk memperoleh pesan, informasi, memahami makna komunikasi, dan merespons yang terkandung dalam lambang lisan yang disimak.
Gambar kursus Pragmatik 2021/1A - Nur Mei Ningsih, S.Pd., M.Pd.
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Silakan presentasikan materi yang sudah Anda pilih dan Anda kembangkan berdasarkan video "Tindak Tutur Pragmatik". Maing-masing  kelompok mempresentasikan selama 30 menit . Kemudian lakukan tanya jawab dan tanggapan mengenai materi yang dipresentasikan oleh kelompok.